Apa itu TKDN ???

TKDN

Sebuah singkatan dari

"Tingkat Komponen Dalam Negeri"

Apa itu TKDN ?

“TKDN” adalah singkatan dari “Tingkat Komponen Dalam Negeri.” Istilah ini umumnya digunakan dalam konteks industri dan teknologi, terutama dalam peraturan pemerintah, untuk mengukur sejauh mana suatu produk atau layanan menggunakan komponen dan teknologi dalam negeri. TKDN adalah indikator yang digunakan untuk mengukur sejauh mana suatu produk atau layanan mendukung pengembangan ekonomi dalam negeri dan industri lokal.

Penerapan TKDN biasanya berhubungan dengan peraturan pemerintah yang mewajibkan produsen atau penyedia layanan untuk memenuhi persentase tertentu dari komponen dalam negeri dalam produk mereka. Hal ini dapat melibatkan penggunaan komponen yang diproduksi secara lokal, tenaga kerja lokal, atau teknologi yang dikembangkan dalam negeri.

TKDN adalah cara untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan industri lokal dengan membatasi impor dan mendorong produksi dan inovasi dalam negeri. Penerapan TKDN dapat bervariasi dari negara ke negara dan sering kali berkaitan dengan sektor-sektor kunci seperti teknologi, telekomunikasi, otomotif, dan lainnya.

Menteri Perindustrian : Agus Gumiwang Kartasasmita

"Dalam melaksanakan program tersebut, kami memfasilitasi sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Kami telah melakukan beberapa terobosan dalam upaya mempercepat, mempermudah, dan memperbanyak sertifikasi TKDN"

Apa Syarat dalam dalam pembuatan Laptop TKDN

           Pemenuhan nilai minimal kewajiban penggunaan produk dalam negeri membutuhkan nilai TKDN dan nilai Bobot Manfaat Perusahaan (BMP). Nilai BMP diberikan dengan beberapa faktor, seperti sejauh apa perusahaan melibatkan usaha mikro dan kecil, termasuk koperasi kecil melalui kemitraan. Nilai BMP maksimal adalah 15%, sehingga untuk memenuhi nilai 40%, harus ditutupi dari nilai TKDN. Hal tersebut yang menjadi standar nilai minimum TKDN sebuah barang atau jasa yang nilainya berkaitan dengan nilai BMP dan harus memenuhi standar minimal 40%.

           Kewajiban penggunaan produk dalam negeri minimal 40% merupakan langkah pemerintah dalam Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

Dan saat ini, hanya enam merek laptop yang telah mencapai target TKDN tersebut :

  • Advan
  • Evercoss
  • SPC
  • Zyrex
  • Axioo
  • Acer

Bagaimana TKDN Diterapkan Dalam Pembuatan Laptop ?

  1. Penentuan Persentase Komponen Dalam Negeri: Pemerintah menentukan persentase minimum komponen dalam negeri yang harus digunakan dalam laptop. Ini dapat mencakup komponen seperti prosesor, memori, kartu grafis, layar, baterai, dan lainnya. Persentase ini mungkin berbeda untuk berbagai komponen.
  2. Sertifikasi dan Verifikasi TKDN: Produsen laptop atau pemangku kepentingan lainnya harus menyertai laptop mereka dengan persentase TKDN yang sesuai untuk mendapatkan sertifikasi atau izin untuk penjualan di pasar tertentu. Hal ini sering melibatkan pihak otoritas yang mengawasi penegakan persyaratan TKDN.
  3. Audit dan Verifikasi Produksi: Beberapa negara dapat melakukan audit atau verifikasi secara berkala terhadap produsen laptop untuk memastikan bahwa komponen dalam negeri digunakan sesuai dengan persyaratan TKDN yang telah ditentukan.
  4. Penggunaan Komponen Lokal: Produsen laptop harus mencari pemasok komponen elektronik yang memproduksi komponen dalam negeri atau berlokasi di dalam negeri. Ini dapat mencakup proses perencanaan rantai pasokan yang melibatkan komponen dalam negeri.
  5. Tenaga Kerja Lokal: Mungkin ada persyaratan untuk menggunakan tenaga kerja lokal dalam produksi laptop. Ini dapat mencakup persentase minimum pekerjaan yang harus dilakukan oleh pekerja lokal.
  6. Inovasi Teknologi dan Penelitian Dalam Negeri: Beberapa negara juga mendorong inovasi teknologi dan penelitian dan pengembangan dalam negeri untuk mendukung industri laptop dalam negeri.
  7. Kepatuhan dengan Peraturan Lingkungan: Laptop yang diproduksi juga harus mematuhi regulasi lingkungan yang berlaku, seperti pengelolaan limbah elektronik.

Cek katalog kami

Tantangan dan Peluang Laptop TKDN Ke depannya

Peluang

Tantangan

  1. Peningkatan Industri Lokal: Penerapan TKDN dapat mendorong pertumbuhan industri lokal yang terkait dengan produksi komponen elektronik, menciptakan peluang pekerjaan dan meningkatkan ekonomi lokal.
  2. Keamanan dan Kendali Kualitas: Dengan memproduksi komponen dalam negeri atau menggunakan tenaga kerja lokal, produsen laptop dapat memiliki lebih banyak kendali terhadap keamanan dan kualitas produk mereka.
  3. Pemenuhan Kebijakan Pemerintah: Mematuhi persyaratan TKDN adalah cara untuk memenuhi kebijakan dan regulasi pemerintah yang mungkin memberikan insentif fiskal atau perlindungan pasar tertentu.
  4. Diversifikasi Produk: Produsen laptop dapat memanfaatkan persyaratan TKDN untuk diversifikasi produk mereka dan menyediakan berbagai pilihan laptop yang diproduksi secara lokal.
  5. Pemahaman Pasar Lokal: Produsen laptop yang mematuhi TKDN dapat memiliki pemahaman yang lebih baik tentang preferensi dan kebutuhan pasar lokal, yang dapat membantu mereka merancang produk yang lebih sesuai.
  6. Daya Saing Global: Dengan memenuhi standar TKDN yang lebih tinggi, produsen laptop dapat bersaing di pasar global dan membangun merek yang kuat di tingkat internasional.
  1. Biaya Produksi: Menggunakan komponen dalam negeri atau memenuhi persyaratan TKDN sering kali dapat meningkatkan biaya produksi laptop. Ini dapat membuat laptop menjadi lebih mahal, yang mungkin sulit bersaing di pasar yang sangat kompetitif.
  2. Ketersediaan Komponen Lokal: Tidak semua komponen elektronik yang diperlukan untuk laptop mungkin tersedia dalam negeri, sehingga produsen perlu mencari pemasok yang memproduksi komponen dalam negeri atau mendirikan fasilitas produksi sendiri.
  3. Kualitas dan Inovasi: Persyaratan TKDN mungkin membatasi akses terhadap teknologi terbaru dan inovasi yang mungkin berasal dari luar negeri. Ini dapat mempengaruhi kualitas dan daya saing produk laptop.
  4. Ketergantungan pada Pasokan Lokal: Bergantung pada komponen dalam negeri dan tenaga kerja lokal dapat meningkatkan risiko pasokan jika ada masalah dalam produksi atau penawaran komponen tersebut.

Dapatkan Beragam Pilihan Notebook/Laptop dengan Berbagai Spesifikasi untuk Mendukung Fleksibilitas dan Mobilitas Kerja Anda

  • Jl. Pakin Ruko Mitra Bahari Blok B No.2 Penjaringan Jakarta Utara 14440
  • Jl. Masjid Raya No. 92 C, Tompo Balang, Kec. Bontoala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90151

Email : cemerlangaircond@gmail.com
Phone : 085299185743

Buka WhatsApp
1
Hai Kak ...
Cemerlang Air Cond
Halo... Kami dari Cemerlang Air Cond
Ada yang bisa kami bantu, kak?